Selamat datang, semoga harimu menyenangkan.

Penjelasan, Fungsi, dan Cara Menggunakan Google Form

Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi dan penjelasan mengenai google form. Cara menggunakan google form akan kita bahas di bawah nanti.

Ag-5nd.com - Pada kesempatan ini saya akan berbagi informasi dan penjelasan mengenai google form. Cara menggunakan google form akan kita bahas di bawah nanti, tetap simak dan sediakan kopi dan cemilan.

Google form saat ini sudah menjadi pembantu pekerjaan seperti entri data yang berupa kuesioner maupun formulir.

Penggunaan yang mudah dan cepat menjadikan google form alat yang dapat di andalkan oleh masyarakat.

Apa itu Google Form?

Google form adalah sebuah aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan google, yang berguna untuk melakukan pekerjaan administratif survei yang menjadi satu di aplikasi google drive seperti halnya google doc, slide, dan spreadsheet.

Adapun kegunaan google form di dalam pekerjaan ialah untuk membuat kuisioner, soal, jajak pendapat, absensi, formulir, dan lain sebagainya.

Google form dapat digunakan secara gratis dan mudah di akses. Hanya bermodalkan internet dan akun google / email google, kalian dapat menggunakan semua layanan yang ada di aplikasi tersebut.

Buat kalian yang suka kebingungan jika menemukan hal yang baru, google form sangatlah ramah dengan orang yang seperti kalian. Pada aplikasi google form menyediakan tampilan dan fitur yang dapat digunakan untuk para pemula dan pastinya mudah untuk di ingat.

Apa Fungsi Google Form?

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan google form, membahas intinya saja fungsi google form yaitu program pengumpulan data dengan cara menginput data dan di kumpulkan menjadi satu.

Dengan adanya google form kita tidak lagi menggunakan kertas yang biasanya kita gunakan untuk sementara dan pastinya setelah itu kita buang.

Cara kerja google form bisa kita atur sesuka kita dan sesuai kebutuhan. Data yang sudah kita kumpulkan akan tersimpan dengan aman dan pastinya mudah untuk mengelolanya. Data yang tadi sudah terkumpul dapat di unduh dengan format .csv atau spreadsheet dan bisa di buka kembali menggunakan aplikasi office seperti Microsoft Excel.

Fitur pada Google Form

Fitur terpenting di Google form yaitu dapat membuat sebuah formulir atau soal, cara cara membuat sebuah soal di Google form.

Aplikasi google form memiliki fitur-fitur yang sangat berguna seperti :

- Google Form Gratis

Untuk saat ini google form dapat digunakan secara gratis dan tanpa iklan. Kalian hanya bermodalkan internet dan akun google, bisa mendapatkan akses untuk menggunakan layanan google form ini.

- Google Form Absensi

Google form menyediakan fitur form yang dapat digunakan untuk mengambil data absensi para siswa maupun yang lainnya.

- Google Form Soal Ujian

Pada google form kalian dapat membuat sebuah soal, berupa pilihan ganda maupun uraian. Fitur ini yang paling sering digunakan bagi para guru yang akan memberikan penilaian terhadap siswa siswi.

Dengan adanya fitur ini memudahkan pembelajaran daring tanpa ribet.

- Google Form Kuesioner

Kuesioner dapat dibuat pada aplikasi google form dengan mudah. Kuesioner biasanya akan memerlukan banyak kertas dan sangat tidak ramah lingkungan. Dengan adanya fitur kuesioner pada google form maka hanya perlu menentukan point pentingnya yang akan di ambil lalu data yang sudah diinput akan disimpan pada sebuah file spreadsheet di google drive. Data yang tersimpan pada google drive akan aman, tanpa perlu khawatir data nya hilang atau dicuri.

- Google Form Vote

Adanya fitur vote di Google form membantu ketika kita akan melakukan voting pada kegiatan tertentu. Biasanya ketika kita akan melakukan voting kita akan memerlukan biaya lebih seperti penggunaan kertas dan alat tulis, tetapi ketika kita menggunakan fitur voting di Google form akan lebih mudah. Kita hanya perlu membuat menu untuk voting lalu kita membagikan link alamat votingnya ke orang-orang yang akan melakukan vote. Dengan begitu kita akan bisa mendapatkan hasilnya dan bisa kita rekap laluu kita susun di sebuah file.

- Google Form Sertifikat

Setiap Workshop atau seminar pastinya akan memiliki sertifikat elektronik yang akan dibagikan kepada setiap peserta yang mengikutinya. Dengan menggunakan fitur

Google form sertifikat, kita hanya perlu membuat template atau tampilan sertifikat yang akan kita berikan kepada peserta. Fitur ini memudahkan kalian untuk membuat sertifikat elektronik tanpa kita membuatnya satu persatu. Sistem kerjanya yaitu setiap peserta menginput data diri, dengan begitu akan otomatis terbuat sebuah sertifikat yang akan dikirim ke email peserta tersebut.

Cara Kerja Google Form

Beberapa cara kerja google from itu sebagai berikut :

1. Menyiapkan tampilan kosong atau blanko kosong dengan mengunjungi alamat situs docs.google.com

2. Membuat formulir dari Google Drive sesuai dengan rencana data yang akan dikumpulkan atau dibuat.

3. Membagikan atau share link form yang sudah dibuat kepada para calon mengisi formulir. Semisal kita membuat soal lalu link soal itu kita bagikan kepada seluruh murid yang akan dikerjakan dan hasilnya akan terkumpul pada sebuah file.

4. Data dapat diolah pada fitur spreadsheet baik diunduh maupun langsung dicetak.

5. Jika formulir sudah tidak digunakan, bisa kita hapus atau kita sembunyikan dengan cara mengganti privasi formulir tersebut ke pribadi.

Cara Membuat Form di Google Form Terbaru

Cara membuat formulir di Google form yaitu kalian harus menyiapkan beberapa syarat agar bisa membuat form nya. Syarat pertama yaitu kalian harus memiliki sebuah akun Google. Cara login atau masuk Google chrome cukup mudah, yaitu dengan mengunjungi link ini https://docs.google.com/form/.

Ketika kalian sudah mengakses link di atas tadi, maka nantinya akan tersusun sebuah template atau tampilan dari formulir yang akan kalian buat nanti.

Pilihlah desain atau template yang kalian sukai, lalu klik.

Kalian dapat mengatur judul dan deskripsi formulirnya. Masukan judul pada kolom untitled form dan untuk form description kalian isi dengan deskripsi formulirnya.

Merangkai sebuah pertanyaan atau kuisioner

Pada pembuatan soal pastinya akan menampilkan sebuah jawaban yang benar maupun yang salah. Tetapi jika kalian ingin membuat sebuah soal uraian, kalian akan manual ketika ingin mengoreksi jawaban atau input yang dimasukkan pada formulir.

Mengirim dan membagikan link formulir yang sudah dibuat

Sebenarnya Google form memiliki fitur share link formulir yang sudah dibuat secara otomatis. Dengan mengisikan target email dan mengisi sebuah subyek nya.

Cara melihat hasil Google form

Untuk dapat melihat hasil atau data yang sudah di-input di formulir yang sudah dibuat, kalian hanya perlu memasuki tab responses.

Menu tab responses terdapat di samping tab question.

Kesimpulan

Google form memiliki berbagai banyak fitur seperti pengolahan data dan penginputan data. Kalian dapat membuat sebuah formulir dengan berbagai macam fitur dan tampilan, misalnya seperti formulir voting atau soal ujian. 

Demikian artikel mengenai pengertian dan fungsi Google form serta penggunaannya. Semoga informasi ini dapat menjadi sebuah referensi pembelajaran bagi kalian semua, dan lancarkan pembelajaran daring.

© Ag-5nd.com. All rights reserved. Distributed by Pixabin