Selamat datang, semoga harimu menyenangkan.

6 Cara Mengamankan Akun Instagram dari Hacker

Akun Instagram - Serangan seorang hacker dapat mengakibatkan data korbannya tercuri dan bisa digunakan untuk sesuatu yang tidak baik.
Cara Mengamankan Akun Instagram dari Hacker

Akun Instagram - Serangan seorang hacker dapat mengakibatkan data korbannya tercuri dan bisa digunakan untuk sesuatu yang tidak baik. Sebaiknya dari sekarang kalian harus menjaga data penting seperti akun sosial media, akun bank, data kantor, dan lainnya. Pencurian data sangat sering terjadi karena kelalaian diri sendiri, bisa dari memberikan password ke orang lain atau menggunakan perangkat orang lain untuk login ke akun kita.

Kasus yang sering terjadi saat ini yaitu pencurian data akun media sosial. Seperti kasus pembobolan akun Instagram para artis, seseorang yang mencuri akun tersebut biasanya akan menjualnya untuk dijadikan akun promosi.

Lalu dari mana seseorang hacker mencuri akun instagram kalian? Banyak sekali faktor dan penyebab masalah ini tetapi yang paling sering terjadi yaitu adanya kebocoran data akun. Data akun media sosial seperti Instagram sangatlah penting, sangat bahaya jika seseorang mencurinya apalagi isi akun tersebut banyak sekali foto kita. Akun tersebut bisa digunakan untuk hal-hal yang buruk, seperti menipu dan mengatas namakan kita.

Sebelum sesuatu yang buruk terjadi pada akun Instagram kita lebih baik untuk mengamankan dengan beberapa cara di bawah ini.

Baca juga : 10 Filter Keren Instagram Yang Wajib Dimiliki

Cara Memperkuat Keamanan Akun Instagram

1. Kaitkan Akun Instagram Dengan Email

Langkah yang paling mudah terlebih dahulu yaitu dengan mengaitkan akun Instagram kalian dengan email. Cara ini berlaku jika kalian mendaftar akun Instagram dengan menggunakan nomor telepon. Dengan mengaitkan email ke akun Instagram, itu akan membuat akun kalian lebih kuat jika ada seseorang yang mencoba untuk masuk ke akun Instagram kalian.

Langkah mengaitkan email ke akun Instagram :

  • Pergi ke Pengaturan.
  • Masuk ke menu Akun.
  • Pilih yang Informasi Pribadi.
  • Masukkan email kalian ke form email dan lakukan verifikasi.
  • Cek email kalian, akan ada email konfirmasi dari Instagram.
  • Selesai, akun kalian sudah terkait dengan email.

2. Kaitkan Akun Instagram Dengan Nomor Telepon

Sama seperti langkah yang pertama kita juga harus mengaitkan akun Instagram dengan sebuah nomor telepon. Cara ini hanya berlaku jika kalian membuat akun Instagram dengan menggunakan email. Akum Instagram yang sudah terkait dengan nomor telepon, akan mempermudah jika ada seseorang yang mencuri akun kita. Jika akun Instagram kalian dicuri oleh seseorang, lakukan "lupa sandi" untuk mendapatkan akses kembali ke akun Instagram kalian.

Cara mengaitkan nomor telepon ke akum Instagram :

  • Pergi ke Pengaturan, letaknya di pojok kanan atas ada menu.
  • Masuk ke pilihan Akun.
  • Pilih menu Informasi Pribadi.
  • Masukkan nomor telepon kalian di form nomor telepon dan lakukan verifikasi.
  • Cek apakah ada pesan dari instagram, biasanya ada beberapa angka yang harus kalian masuk untuk verifikasi. Masukkan nomor yang sudah di kirim tadi ke form untuk verifikasi.
  • Selesai, akun kalian sudah terkait dengan nomor telepon.

3. Pasang Autentikasi Dua Faktor

Cara ini adalah yang paling ampuh untuk membatasi seseorang agar tidak mencuri akun kita. Dengan memasang autentikasi dua faktor, setiap ada seseorang yang ingin masuk ke akun Instagram kalian, nantinya akan diminta untuk memverifikasi bahwa itu adalah kalian pemilik akun Instagram tersebut.

Cara menghidupkan autentikasi dua faktor di Instagram :

Pergi ke Pengaturan > Keamanan > Autentikasi Dua Faktor > Sms/WhatsApp

*Pilih cara untuk memverifikasi, menggunakan WhatsApp atau Sms.

4. Buat Kata Sandi Akun Instagram Yang Kuat

Kata sandi yang kuat akan sangat membantu untuk mengamankan akun kalian dari seseorang yang jahil. Cara membuat kata sandi yang kuat sangatlah mudah.

Buatlah sebuah kata sandi yang panjang, gunakan huruf besar dan kecil, gunakan simbol agar kata sandi semakin kuat.

Contoh : #WarungKopi000

Contoh kata sandi di atas mencakup saran pembuatan kata sandi yang sudah saya berikan tadi. Tetapi masalahnya kata sandi itu mengandung sebuah kata benda, dan itu sangat mudah untuk diketahui oleh orang lain maka harus di ganti.

5. Jangan Login di Perangkat Lain

Apakah kalian masih seperti jaman dahulu kecil? Ketika kita meminjam handphone teman kita untuk bermain sosial media. Padahal itu adalah hal kecil yang mengakibatkan akun Instagram kita dicuri loh. Maka dari hal kecil seperti ini harus kita hindari, jangan pernah login akun sosial media seperti Instagram dengan menggunakan perangkat orang lain.

6. Cek Aktivitas Login Akun Instagram

Pada aplikasi Instagram terdapat sebuah fitur yang dapat menampilkan, perangkat apa saja yang sedang login ke akun kita loh.

Jadi data perangkat akan terdeteksi, jika ada perangkat yang mencurigakan bisa kalian hapus dan paksa untuk logout.

Cara melihat siapa saja yang login ke akun Instagram kita :

Pergi ke pengaturan > Keamanan > Aktivitas Login

Jika terdapat perangkat yang mencurigakan kalian bisa menghapusnya dengan cara pilih titik tiga yang berada di samping nama perangkat lalu pilih logout.

Kesimpulan

Akun Instagram akan aman jika kalian menggunakan cara diatas tadi seperti mengaitkan akun Instagram dengan email dan telepon lalu menggunakan kata sandi yang kuat. Karena kesalahan terbesar jika akun kalian dicuri adalah dari kelalaian diri sendiri.

Demikian artikel mengenai 6 cara mengamankan akun instagram dari pencurian,semoga bermanfaat.

© Ag-5nd.com. All rights reserved. Distributed by Pixabin